Efektifitas
Penggunaan Media Pembelajaran
Pada Siswa Sekolah Dasar
Pada Siswa Sekolah Dasar
Seperti sudah terbiasa telinga kita mendengar yang namanya pembelajaran,
tapi masih ada yang belum mengetahui apa sih sebenarnya pembelajaran itu?
Yah,,, mau diapakan lagi kalau memang belum tahu, inilah gunanya belajar kalau
tidak tahu ya belajar agar jadi tahu. Sekarang urusan informasi itu mudah
sekali dicari dari mana saja, asal kita bisa memanfaatkan perkembangan ilmu
teknologi.
Pembelajaran itu sendiri adalah interaksi antara pendidik (guru) dengan
yang terdidik (siswa) dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Sumber
belajar sendiri merupakan semua sumber atau data, orang, dan wujud tertentu
yang dapat digunakan oleh peserta didik untuk belajar, misalnya : bahan ajar,
pesan informasi, cerita rakyat, guru, instruktur, ahli, buku, gambar, video,
dan masih banyak yang lainnya.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas ” Efektifitas Penggunaan
Media Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar,” bahasan ini tentunya masih sangat
nyambung dengan yang namanya pembelajaran, alasan simpelnya tentu karena media
pembelajaran merupakan media/alat yang akan digunakan dalam proses
pembelajaran. Bahkan penggunaan atau kehadiran media pembelajaran pada masa
sekarang ini sangatlah berpengaruh terhadap kualitas belajar anak. Bisa
dibilang kalau media pembelajaran pasti akan disukai oleh setiap anak (siswa),
karena diadakannya media pembelajaran adalah untuk menarik perhatian siswa agar
bersemangat dalam belajar, jadi guru harus pintar-pintar mengatur bagaimana
media yang akan digunakan bisa dibuat semenarik mungkin dan mudah untuk
digunakan siswa belajar.
Secara umum “Media Pembelajaran adalah alat bantu proses belajar
mengajar, segala sesuatu yang dapat digunakan untuk merangsang pikiran,
perhatian, dan kemampuan pembelajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses
belajar yang efektif.” Dapat dikatakan efektif artinya mencapai target dari apa
yang telah direncanakan, siswa dapat menyerap materi yang dipelajari dan
mempraktekannya sehingga memperoleh keterampilan terbaiknya. Media pembelajaran
jika disebutkan banyak sekali macamnya antara lain:
o
Media Pembelajaran 2D, misalnya foto, poster,
papan tulis, grafik, peta, gambar, dan yang lainnya yang dapat dilihat pada
sisi datar saja.
o
Media Pembelajaran 3D, misalnya bola, kotak,
meja, kursi, gunung, mobil, rumah, dan yang lainnya yang merupakan obyek
sesungguhnya atau miniatur suatu objek.
o
Media Pandang diam, media ini menggunakan media
proyeksi yang hanya menampilkan gambar, foto, gambar binatang, dll yang diam
pada layer.
o
Media
Pandang Gerak, mediayang menggunakan media proyektor yang menampilkan tanyangan
bergerak. Misalnya video, film, animasi flash, televisi, dan yang termasuk
media pandang bergerak yang disajikan melalui layar montor komputer atau LCD
dan sebagainya.
Dalam menggunakan media-media
pembelajaran guru memerlukan persiapan agar media yang nantiya akan digunankan
cocok dengan materi yang akan disampaikan dan tujuan yang akan diajarkan, serta
karakteristik siswa yang menggunakannya, agar isi dari suatu pembelajaran dapat
diterima siswa dengan baik. Dalam artian guru harus mampu menganalisis
kemampuna awal siswa, kemudian guru menentukan tujuan dari pembelajaran yang
berupa suatu kemampuan yang nantinya akan dapat dimiliki oleh siswa setelah
proses pembelajaran, dan memilih metode, memilih media yang sesuai dengan
materi yang akan diajarkan kepada anak yang mendorong keterlibatan anak dalam
aktifitas pembelajaran. Dapat dikatakan juga bahwa media sangat diperlukan
dalam pembelajaran. Yah,, bisa dikatakan lagi ”pembelajaran tidak akan bermakna
jika tidak ada medianya”, ”bagaikan sayur tanpa garam.”
Dalam perkembanganya saat ini
penggunaan media pembelajaran seharusnya sudah berjalan secara efektif, apalagi
dengan kemajuan teknologi yang sudah menjalar di negara ini pasti tidak ada
yang mau jika dikatakan ketinggalan jaman gara-gara tidak kenal yang namanya
teknologi alias ”Gaptek”. Dengan makin maraknya pelatihan-pelatihan yang
diadakan untuk para guru tentunya guru-guru itu sudah semakin matang untuk bisa
menerapkan ilmu yang diperolehnya kepada anak-anak didiknya. Jadi tidak ada lagi
alasan untuk tidak menggunakan media. Apalagi perkembangan anak usia SD sudah
semakin kritis tentunya mereka akan lebih menyukai jika mereka dapat belajar
dengan sesuatu yang menyenangkan dengan menemukan fakta dari materi yang mereka
pelajari, dengan begitu siswa akan lebih memahami dan mengerti tentang apa yang
mereka pelajari sehingga tujuan dari pembelajaran akan tercapai dengan baik.
Dari hal itu semua hal yang paling berpengaruh adalah kerjasama yang baik
antara guru sebagai fasilitator media pembelajaran yang cocok untuk siswa dan
siswa yang akan menggunakan media. Dari hal-hal yang sudah dibicarakan diatas
tentunya tidak terlepas dari fungsi dari media pembelajaran. Mari kita bahas
sekilas dari fungsi media pemblajaran :
· Fungsi media belajar sebagai sumber
balajar, yang dimaksud disini ”sumber belajar” berarti penyalur, penghubung,
penyamapai, dll.
· Fungsi Semantik, yakni kemampuan media dalam
menambah perbendaharaan kata (simbol variable) yang makna atau maksudnya
benar-benar dapat dipahami oleh siswa.
· Fungsi Manipulatif, yakni dapat mengatasi
batas-batas ruang dan waktu serta keterbatasan indera. Misalnya, kita dapat
menampilkan suatu peristiwa yang pernah terjadi, menggambarkan peristiwa yang
sulit untuk dihadirkan dalam bentuk aslinya, menbantu siswa mengamati objek
yang terlalu kecil.
· Fungsi Psikologis, yakni ada fungsi atensi
(meningkatkan perhatian siswa), fungsi afektif ( menggugah perasaan/emosi),
fungsi kognitif, fungsi imajinatif (meningkatka daya imajinatif), fungsi motivasi
(mendorong siswa untuk melakukan kegiatan belajar.
· Fungsi Sosial-Kultural, yakni mengatasi
hambatan sosial cultural antar peserta komunikasi pembelajaran. Misalnya,
setiap anak memiliki karakteristik yang berbeda dari segi adat, keyakinan, dll.
Nah, inilah fungsi media pembelajarannya dapat memiliki kemampuan dan
rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman, dan menimbulkan persepsi yang
sama.
Dari semua hal yang telah
tersmapaikan menegaskan bahwa pemilihan dan pemanfaatan media pembelajaran yang
tepat akan membawa dampak yang sangat positif bagi perkebangan siswa dan
keberhasilan proses belajar-mengajar.
Terima
Kasih
Sumber :
http://ml.scribd.com/doc/29769739/Fungsi-Media-Pembelajaranhttp://id.shvoong.com/social-sciences/education/2256715-macam-macam-media-pembelajaran/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar