SELAMAT DATANG DI "GENERASI" SIMPEL WEBSITE BLOG

Sabtu, 29 September 2012

Memilih Media Pembelajaran


Memilih Media Pembelajaran 


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu produksi dari manusia. Pada gilirannya manusia-manusia itu perlu lebih mendalami dan mampu mengambil manfaat dari perkembangan itu sendiri. Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat berpengaruh terhadap pribadi maupun komunitas dalam segala aktivitas kehidupan, cara kerja, metode belajar, gaya hidup maupun cara berpikir. Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dituntut pula peningkatan kualitas pendidikan untuk mengimbanginya. Salah satunya adalah perlu ada langkah yang kreatif dan inovatif diperlukan agar proses pembelajaran menjadi variatif.
Proses pembelajaran mata pelajaran yang berlangsung di banyak sekolah selama ini masih berjalan satu arah. Guru sering menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan materi pelajaran di depan kelas, siswa diminta mendengarkan dan mencatat jika perlu serta bertanya jika belum jelas. Metode seperti ini kenyataannya belumlah sepenuhnya efektif dalam pelaksanaan belajar mengajar.
Salah satu cara untuk membuat proses pembelajaran menjadi menarik adalah dengan mengembangkan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu mengajar yang dapat mempengaruhi iklim, kondisi dan lingkungan belajar yang dapat ditata oleh guru. Untuk mengatasi cara pengajaran yang kurang tepat, maka diperlukan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih menyenangi dan mudah memahami materi pelajaran. Menurut Ardiani (2008), secara umum manfaat media pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Media pembelajaran merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Sehubungan dengan penggunaan media dalam proses pembelajaran, tenaga pengajar perlu cermat dalam pemilihan media yang akan digunakannya. Kriteria yang perlu diperhatikan yaitu tujuan pembelajaran, keefektifan, karakteristik peserta didik, ketersediaan, kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, kemampuan orang yang menggunakannya dan waktu yang tersedia. Langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran yaitu :
1. Kegiatan penerangan atau pembelajaran.
2. Tentukan Transmisi pesan
3. Tentukan karakteristik pelajaran
4. Klasifikasi media
5. Analisis karakteristik masing-masing media
Dalam proses pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima (siswa). Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu siswa dalam menerima dan mengolah informasi guna mencapai tujuan pembelajaran. Dalam kegiatan interaksi antara siswa dengan lingkungan, fungsi media dapat diketahui berdasarkan adanya kelebihan media dan hambatan yang mungkin timbul dalam proses pembelajaran.
Betapapun baiknya media yang telah dipilih, bila tidak digunakan dengan baik tentunya tidak banyak manfaatnya. Dalam penggunaan media pembelajaran terdapat dua pola yang dapat dilakukan yaitu pola penggunaan di dalam kelas dan pola penggunaan di luar kelas. Adapun prosedur pokok yang dapat dilakukan dalam penggunaan media pembelajaran yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut.
Penggunaan media pembelajaran dalam proses pembelajaran perlu mempertimbangkan beberapa prinsip, prinsip-prinsip pemilihan media pembelajaran yang dimaksud yaitu:

1. Tidak ada satu media pun yang paling baik untuk semua tujuan. Suatu media hanya cocok untuk tujuan pembelajaran tertentu, tetapi mungkin tidak cocok untuk pembelajaran yang lain.
2. Media adalah bagian integral dari proses pembelajaran. Hal ini berarti bahwa media bukan hanya sekedar alat bantu mengajar guru saja, tetapi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Penetapan suatu media haruslah sesuai dengan komponen lain dalam perancangan pembelajaran. Tanpa alat bantu mengajar mungkin pembelajaran tetap dapat berlangsung, tetapi tanpa media itu tidak akan terjadi.
3. Media apapun yang hendak digunakan, sasaran akhirnya adalah untuk memudahkan belajar peserta didik. Kemudahan belajar peserta didik haruslah dijadikan acuan utama pemilihan dan penggunaan suatu media.
4. Penggunaan berbagai media dalam satu kegiatan pembelajaran bukan hanya sekedar selingan/pengisi waktu atau hiburan, melainkan mempunyai tujuan yang menyatu dengan pembelajaran yang berlangsung.
5. Pemilihan media hendaknya objektif, yaitu didasarkan  pada tujuan pembelajaran, tidak didasarkan pada kesenangan pribadi tenaga pengajar.
6. Penggunaan beberapa media sekaligus akan dapat membingungkan peserta didik. Penggunaan multi media tidak berarti menggunakan media yang banyak sekaligus, tetapi media tertentu dipilih untuk tujuan tertentu dan media yang lain untuk tujuan yang lain pula.
7. Kebaikan dan kekurangan media tidak tergantung pada kekonkritan dan keabstrakannya saja. Media yang konkrit ujudnya, mungkin sukar untuk dipahami karena rumitnya, tetapi media yang abstrk dapat pula memberikan pengertian yang tepat.


Pada intinya bahwa berbagai macam media pembelajaran memberikan manfaat sangat besar kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Betapapun baiknya media pembelajaran yang telah dipilih, bila tidak digunakan dengan baik tentunya tidak banyak manfaatnya.


Sumber : http://belajarpsikologi.com/prinsip-pemilihan-media-pembelajaran/
http://www.m-edukasi.web.id/2012/05/cermat-dalam-memilih-media-pembelajaran.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar