Memilih Media Pembelajaran
Perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu produksi dari manusia. Pada
gilirannya manusia-manusia itu perlu lebih mendalami dan mampu mengambil
manfaat dari perkembangan itu sendiri. Ilmu pengetahuan dan teknologi sangat
berpengaruh terhadap pribadi maupun komunitas dalam segala aktivitas kehidupan,
cara kerja, metode belajar, gaya hidup maupun cara berpikir. Seiring dengan
pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dituntut pula peningkatan
kualitas pendidikan untuk mengimbanginya. Salah satunya adalah perlu ada
langkah yang kreatif dan inovatif diperlukan agar proses pembelajaran menjadi
variatif.
Proses
pembelajaran mata pelajaran yang berlangsung di banyak sekolah selama ini masih
berjalan satu arah. Guru sering menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan
materi pelajaran di depan kelas, siswa diminta mendengarkan dan mencatat jika
perlu serta bertanya jika belum jelas. Metode seperti ini kenyataannya belumlah
sepenuhnya efektif dalam pelaksanaan belajar mengajar.
Salah satu cara
untuk membuat proses pembelajaran menjadi menarik adalah dengan mengembangkan
media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu mengajar yang dapat
mempengaruhi iklim, kondisi dan lingkungan belajar yang dapat ditata oleh guru.
Untuk mengatasi cara pengajaran yang kurang tepat, maka diperlukan sebuah media
pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih menyenangi dan mudah
memahami materi pelajaran. Menurut Ardiani (2008), secara umum manfaat media
pembelajaran adalah memperlancar interaksi antara guru dengan siswa sehingga
kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien. Media pembelajaran merupakan
faktor penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Sehubungan dengan
penggunaan media dalam proses pembelajaran, tenaga pengajar perlu cermat dalam
pemilihan media yang akan digunakannya. Kriteria yang perlu diperhatikan yaitu
tujuan pembelajaran, keefektifan, karakteristik peserta didik, ketersediaan,
kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, kemampuan orang yang menggunakannya dan
waktu yang tersedia. Langkah-langkah yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan
media pembelajaran yaitu :
1. Kegiatan penerangan atau pembelajaran.
2. Tentukan Transmisi pesan
3. Tentukan karakteristik pelajaran
4. Klasifikasi media
Dalam proses
pembelajaran, media memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber
(guru) menuju penerima (siswa). Sedangkan metode adalah prosedur untuk membantu
siswa dalam menerima dan mengolah informasi guna mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam kegiatan interaksi antara siswa dengan lingkungan, fungsi media dapat
diketahui berdasarkan adanya kelebihan media dan hambatan yang mungkin timbul
dalam proses pembelajaran.
Betapapun baiknya
media yang telah dipilih, bila tidak digunakan dengan baik tentunya tidak
banyak manfaatnya. Dalam penggunaan media pembelajaran terdapat dua pola yang
dapat dilakukan yaitu pola penggunaan di dalam kelas dan pola penggunaan di
luar kelas. Adapun prosedur pokok yang dapat dilakukan dalam penggunaan media pembelajaran
yaitu persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut.
Penggunaan media
pembelajaran dalam proses pembelajaran perlu mempertimbangkan beberapa prinsip,
prinsip-prinsip
pemilihan media pembelajaran yang dimaksud yaitu:
1. Tidak ada satu media pun yang paling baik untuk semua tujuan. Suatu
media hanya cocok untuk tujuan
pembelajaran tertentu, tetapi mungkin tidak cocok untuk
pembelajaran yang lain.
2. Media adalah bagian integral dari proses pembelajaran. Hal ini berarti
bahwa media bukan hanya sekedar alat bantu mengajar guru saja, tetapi merupakan
bagian yang tak terpisahkan dari proses pembelajaran. Penetapan suatu media
haruslah sesuai dengan komponen lain dalam perancangan pembelajaran. Tanpa alat bantu mengajar
mungkin pembelajaran tetap dapat berlangsung, tetapi tanpa media itu tidak akan
terjadi.
3. Media apapun yang hendak digunakan, sasaran akhirnya adalah untuk
memudahkan belajar peserta didik. Kemudahan belajar peserta didik haruslah
dijadikan acuan utama pemilihan dan penggunaan suatu media.
4. Penggunaan berbagai media dalam satu kegiatan pembelajaran bukan hanya
sekedar selingan/pengisi waktu atau hiburan, melainkan mempunyai tujuan yang
menyatu dengan pembelajaran yang berlangsung.
5. Pemilihan media hendaknya objektif, yaitu didasarkan pada tujuan pembelajaran, tidak
didasarkan pada kesenangan pribadi tenaga pengajar.
6. Penggunaan beberapa media sekaligus akan dapat membingungkan peserta
didik. Penggunaan multi media tidak berarti menggunakan media yang banyak
sekaligus, tetapi media tertentu dipilih untuk tujuan tertentu dan media yang
lain untuk tujuan yang lain pula.
7. Kebaikan dan kekurangan media tidak tergantung pada kekonkritan dan
keabstrakannya saja. Media yang konkrit ujudnya, mungkin sukar untuk dipahami
karena rumitnya, tetapi media yang abstrk dapat pula memberikan pengertian yang
tepat.
Pada intinya bahwa berbagai macam media pembelajaran memberikan manfaat
sangat besar kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Betapapun baiknya media pembelajaran yang telah dipilih,
bila tidak digunakan dengan baik tentunya tidak banyak manfaatnya.
Sumber : http://belajarpsikologi.com/prinsip-pemilihan-media-pembelajaran/
http://www.m-edukasi.web.id/2012/05/cermat-dalam-memilih-media-pembelajaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar